5/29/2018

Buku Dosen 'Kekayaan Intelektual Sebagai Jaminan Utang' oleh Iswi Hariyani, SH, MH

Penerbit Surabaya

Penerbit Surabaya


Kekayaan Intelektual (KI) adalah aset berharga yang dapat dikembangkan menjadi bisnis waralaba, bisnis kreatif, bisnis tekfin dan bisnis digital. KI sejatinya juga dapat digunakan sebagai obyek jaminan utang melalui skema Gadai dan Fidusia. Para pelaku ekonomi kreatif dan ekonomi digital membutuhkan dukungan dana untuk mengembangkan usaha. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari utang ke lembaga jasa keuangan. Namun cara ini tidak mudah sebab hingga kini lembaga jasa keuangan masih belum menerima KI sebagai obyek jaminan utang.

Guna mengatasi persoalan tersebut, Pemerintah dan DPR telah menerbitkan UU Hak Cipta dan UU Paten terbaru yang mengatur pemanfaatan KI sebagai jaminan utang. KI khususnya Hak Cipta dan Paten sudah bisa dijadikan obyek jaminan utang melalui Fidusia berdasarkan Pasal 16 UU 28/2014 tentang Hak Cipta dan Pasal 108 UU 13/2016 tentang Paten. Ketentuan ini belum bisa diberlakukan pada jenis KI lain, padahal semua jenis KI dapat dijadikan obyek jaminan utang melalui skema Fidusia.

Buku ini tergolong langka karena hingga saat ini belum ada buku yang secara khusus membahas Kekayaan Intelektual (KI) sebagai jaminan utang. Buku ini cocok dibaca berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, peneliti, pakar hukum, pakar bisnis, notaris, konsultan, pelaku bisnis waralaba, bisnis kreatif, bisnis tekfin, bisnis digital, pengusaha rintisan (start-up), pemilik KI (pencipta, penemu, pendesain), pejabat BI, OJK, Pemerintah, Bekraf, perbankan, pegadaian, lembaga pembiayaan, dan lain-lain.

Post a Comment